FTK UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Internasional Tentang Kimia


BANDA ACEH - Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar Internasional pada Selasa,(07/11) di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.


The first International Conference on Chemistry and Chemistry Education tersebut mengusung tema “Bridging the Elements: Chemistry Education, Research and Global Sustainability.”


Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan II FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Samsul Kamal, S.Pd, M.Pd. 


Diikuti lebih kurang 200 orang yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Guru Kimia perwakilan dari MA dan SMA di Kota Banda Aceh. 


Kegiatan seminar ini berlangsung secara hybrid, yaitu luring dan daring melalui Zoom Cloud Meeting.


Dalam sambutannya, Samsul Kamal menyampaikan  kegiatan ini sangat penting baiku untuk prodi, dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan.


Keynote Speakers acara ini adalah Prof. Luis Eduardo Gillen dari Universitas Earth (Costa Rica) yang memberikan presentasi ilmiah tentang Chemistry Education, Research, and Global Sustainability.


Sementara itu, Dr Melati Khairuddin dari Universitas Sains Malaysia menyampaikan materi ilmiah tentang molecular docking. 


Selain itu, untuk memberikan presentasi ilmiah tentang integrasi nilai-nilai keislaman dengan sains, turut diundang Prof. Siham Yousuf Al-Qaradawi., Pd.D.,FRSC dari Universitas Qatar yang merupakan putri dari Yousuf Al-Qaradawi, yaitu ulama dalam bidang Hukum Islam Kontemporer.



Salah satu pembicara kunci dalam seminar ini adalah Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Pd.D dari Universitas Negeri Jakarta yang menyampaikan materi tentang Chemistry Learning for Sustainability. 


Adapun Invited Speakers adalah Dr Paed Asis Wisudawati, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga, Dr H. Rusmansyah., M.Pd dari Universitas Lambung Mangkurat. Dan dua Invited speakers lainnya yaitu Dr. Familia Simajuntak, M.Sc. dari Universitas Kristen Indonesia dan Adean Mayasri,M.Sc. []



Post a Comment

Previous Post Next Post