Kopertais Aceh Gelar Pelatihan EMIS di Sabang

Wakil Koordinator Kopertais V Wilayah Aceh, Dr. Ismail Anshari, MA. sedang memberikan sambutan kepada Peserta Pelatihan EMIS, turut didampingi oleh Sekretaris Kopertais V Wilayah Aceh, Dr. Bustami Abubakar, M.Hum dan Wakil Ketua III STIS Al - Aziziyah Sabang Irwandi, M.H di Aula BAPPEDA  Sabang, 02 September 2023.


Laporan Ikhsanul | Sabang


SABANGINFO.COM, SABANG - Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) V Wilayah Aceh melaksanakan Pelatihan EMIS (Educational Management Information System) bagi operator PTKIS (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) di Aceh.  Pelaksanaan pelatihan ini bekerjasama dengan STIS Al-Aziziyah Sabang dan berlangsung di Aula Kantor BAPPEDA Kota Sabang pada hari Sabtu, 2/9/2023. 


Acara tersebut diikuti oleh para pimpinan bidang akademik dan operator dari 11 PTKIS yang berada di Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Pidie.


Pelatihan EMIS ini dibuka secara resmi oleh Wakil Koordinator Kopertais V Wilayah Aceh, Dr. Ismail Anshari, MA. Dalam sambutannya, Ismail mengharapkan agar kegiatan ini dapat mempererat silaturrahim di antara operator PTKIS di bawah Kopertais V Aceh, dan juga dapat menjadi ajang sharing pengalaman dan mencari solusi terhadap masalah yang ditemukan di lapangan. 


“Kedepannya saya juga berharap agar kegiatan ini terus berlanjut, agar para operator dekat dengan Kopertais. Sehingga masalah yang terjadi di lapangan cepat teratasi dengan baik,  pungkasnya.


Sebelumnya, sambutan diberikan oleh Wakil Ketua III STIS Al-Aziziyah Sabang, Irwandi, M.H. Dia menyatakan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat dan bangga atas penunjukan sebagai tuan rumah kegiatan ini. Irwandi juga mengajak peserta agar berkenan menikmati keindahan alam Sabang usai pelatihan.


Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Kopertais V Wilayah Aceh, Dr. Bustami Abubakar, M.Hum mengharapkan dapat menjalin kerja sama yang baik dengan setiap operator, sehingga data Emis terisi tepat waktu. Lebih jauh, dia menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong seluruh PTKIS yang bernaung di bawah Kopertais V Aceh agar  bisa meningkatkan ranking secara nasional.


 “Pelatihan Emis ini merupakan momentum yang sangat berharga untuk berkontribusi dalam pengembangan PTKIS ke depan, apalagi teknologi informasi semakin canggih, sehingga diharapkan PTKIS mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi ini”, tegasnya.


Dalam ketiga tahap ini, peserta akan dibekali tentang teknik input data dan hal-hal lain yang terkait dengan Emis oleh Iza Nasita, S.Kom, MT, operator Emis UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Bertindak sebagai moderator adalah operator Emis Kopertais V, Mujiburrahman, S.Pd.I, MA.


 Iza Nasita, S.Kom, MT, sedang menyampaikan Materi kepada peserta Pelatihan EMIS di Aula BAPPEDA Sabang, 2/9/2023. 


Selama satu hari, peserta diberi pemahaman mengenai pentingnya kelengkapan data Emis, yang meliputi; data profil lembaga, dosen, mahasiswa, non dosen, sarana prasarana, data lulusan dan lain-ain. Narasumber juga membekali peserta dengan teknik pengisian Emis. Alhasil, usai pelatihan dan sebelum kembali ke PTKIS masing-masing, para operator telah berhasil mengunggah BAP (Berita Acara Pendataan).ujar Bustami.


Bustami juga menginformasikan bahwa Pelatihan Emis diberikan kepada 35 PTKIS yang berada dalam lingkungan Kopertais V Wilayah Aceh. Pelatihan tahap pertama telah berlangsung di Bener Meriah pada 19 Agustus 2023 yang lalu dan diikuti oleh 16 PTKIS dari wilayah Utara, Timur, dan Tengah. Tahap kedua yang berlangsung di Sabang.


sedangkan tahap ketiga akan dilaksanakan di Kabupaten Abdya dan akan dipesertai oleh 8 (delapan) PTKIS dari wilayah Barat dan Selatan Aceh. terangnya. []


Post a Comment

Previous Post Next Post