100 Tahun GONTOR dI Indonesia, Kibarkan Bendera di Laut Sabang

 


Laporan Dodi Sariadi | Sabang 


SABANGINFO.COM, SABANG - Ikatan Keluarga Pondok Pesantren (IKPM) Gontor di Aceh kibarkan bendera pondok dibawah laut Sabang. Ahad 24 September 2023.


Sebagai perwujudan dari rasa syukur (tahaddust binni’mah) atas keberlangsungan usia gontor yang memasuki usia 1 abad sejak berdirinya.


IKPM Gontor cabang Aceh berkolaborasi dengan Pesantren Terpadu Al Mujaddid melangsungkan pengibaran bendera pondok dan perayaan 100 tahun Gontor di situs miniatur tugu KM 0 yang berada di kedalaman laut Sabang Aceh Indonesia.


Acara yang dilaksanakan pada hari Ahad, 24 September 2023 alhamdulillah berjalan dengan lancar dan penuh hikmad meski sebelumnya sabang sempat diguyur hujan dan arus air di bawah laut sedikit kencang. 



Penyelaman dimulai sekitar pukul 13:00 WIB dan berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Tim penyelam terdiri dari delapan orang: Nanda Tri Pratama (29), Muhammad Ardhan Alfian Priatna (23), Mahus Akhlul Maulana Marzuki (24), Muhammad Fachrurrazi (22), Dodi Sariadi (22), Muhammad Fahadi Gelawa (25), Ikhsan Syahputra (24) dan Ahmad Safira (20) yang merupakan alumni-alumni dari Pondok Modern Gontor atau UNIDA Gontor serta Pesantren Terpadu Al Mujaddid Sabang. 


Acara dimulai dengan pengibaran bendera pondok di atas miniatur tugu Kilometer Nol Indonesia yang berada di kedalaman 10-11 meter dari permukaan air dan dilanjutkan dengan pembentangan spanduk perayaan 100 tahun Gontor dan ucapan selamat.


 Ketua Panitia Nanda mengatakan  pengibaran bendera pondok dari atas tugu asli 0 KM Indonesia yang terletak di ujung barat pulau serta menghadap laut Andaman yang dalam tepat sesaat sebelum matahari tenggelam di maghribi-nya Indonesia. Seakan menyampaikan pesan: “Lihatlah Ibu (Gontor), kami disini meninggikan panjimu, meneruskan syiarmu dan menggemakan suaramu dari ujung barat Indonesia ke seluruh penjuru negeri. Semoga Allah senantiasa menjagamu.”


Dalam kesempatan yang lain pemerintah kota Sabang, Pj Walikota Sabang, Drs. Reza Fahlevi, M. Si menyampaikan ucapan selamat dan sukses perayaan 100 tahun Gontor dan berterima kasih kepada alumni gontor yang telah mengibarkan bendera 100 tahun Gontor di kedalam laut Sabang yang indah.


 “Gontor membangun nilai-nilai Islam membangun peradaban utama.” Pungkas reza fahlevi.


Post a Comment

Previous Post Next Post