GEN - A Bentuk Unit Kesehatan Panti Asuhan

 


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH - Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) membentuk unit kesehatan dan pembinaan remaja first aider di Panti Asuhan Yayasan Islam Media Kasih Banda Aceh pada Sabtu, 29 Juli 2023. 


Kegiatan yang dilaksanakan di Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh berkolaborasi dengan Generasi Edukasi Nanggroe Aceh(GEN-A). Kegiatan ini dihadiri oleh  Ns. Husna Hidayati, MNS, Ns. Noraliyatun Jannah, M.kep, Ns. Nani Safuni, MNG serta panitia acara UKPA-RAIDER dan peserta panti asuhan.


UKPA-RAIDER merupakan program pengabdian masyarakat untuk pembentukan unit kesehatan panti asuhan dan pembinaan remaja first aider di Panti Asuhan Media Kasih. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat panti asuhan dalam menangani kecelakaan ringan secara mandiri, tepat dan berkelanjutan. 


Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Ns.Rahma Hidayati, S.Kep selaku MC pada pembukaan acara UKPA-RAIDER dan dilanjutkan dengan pembacaan alquran oleh Agus Manda, dan laporan ketua panitia oleh Ns. Alfiatur Rahmi, S.Kep selaku ketua panitia menyampaikan “Dalam hal ini kami sudah melakukan Focus Group Discussion dan juga wawancara bersama pengurus dan anak-anak panti asuhan dalam menentukan pengetahuan dan skill apa saja yang akan diberikan. Walaupun banyak mahasiswa yang berkegiatan disini tetapi belum ada yang melatih P3K. 


Yang pernah ada pemeriksaan kesehatan, dan pemeriksaan gigi. Sehingga setelah mempersamakan persepsi, kita semua merasa penting  sekali adanya pembentukan Unit Kesehatan Panti Asuhan Media Kasih dan Pembinaan Remaja First Aider di Panti Asuhan Media Kasih. 


 Harapannya dengan adanya program ini dapat bermanfaat, dan Panti Asuhan Media Kasih dapat menjadi role model bagi panti asuhan lainnya. Dengan dibekali pengetahuan P3K, semoga dapat meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan dan ilmu yang didapatkan bisa menjadi bekal bagi adik-adik kedepan untuk menjaga dan melindungi serta menebar kebermanfaatan bagi masyarakat"


Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan direktur eksekutif Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) oleh Iman Maulana, sambutan dan pembukaan oleh Ns. Husna Hidayati, MNS. "Tim pengabdi tertarik untuk mengembangkan Unit Kesehatan Panti Asuhan (UKPA) dan Remaja First Aider (RAIDER) di Banda Aceh dengan menjadikan Panti Asuhan Islam Media Kasih sebagai pilot project. Unit Kesehatan Panti Asuhan (UKPA) sebelumnya belum pernah ada. 


UKPA berpotensi berkembangan untuk menyelesaikan masalah kesehatan lainnya yang ada di panti asuhan, selain P3K." ujar Ns. Husna Hidayati, MNS selaku Dosen Pembimbing program UKPA-RAIDER menyampaikan dalam kata sambutannya. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak panti asuhan yang telah menerima tim pengabdi dengan sambutan yang hangat dan berharap acara sukses dan memberi manfaat yang banyak bagi panti asuhan.


Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan pengurus panti oleh Ibu Niar, pembacaan doa oleh Agus Manda, dan diakhiri sesi foto bersama dengan seluruh panitia acara UKPA-RAIDER dan peserta panti asuhan. 


Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan personil GEN-A dan panitia acara kepada peserta. Setelah dilakukan perkenalan panitia UKPA-RAIDER, kegiatan dilanjutkan denganpembentukan kelompok dengan kakak asuh. Total kelompok yang dibentuk yaitu 4 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang. 


Setelah membagikan kelompok, panitia UKPA-RAIDER melakukan bonding dengan anak-anak panti asuhan yaitu dengan perkenalan, membuat yel-yel, bermain games, serta membahas tentang kegiatan yang akan dilakukan di pertemuan selanjutnya untuk pelaksanaan pembinaan remaja first aider. []


Post a Comment

Previous Post Next Post