Dompet Dhuafa Aceh dan GEN A Gelar Sosialisasi Perilaku Sehat dan Bersih


Laporan Nadia Wulandari | Aceh Besar


SABANGINFO.COM, ACEH BESAR - Dompet Dhuafa Aceh (DDA) berkolaborasi dengan Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN- A), menggelar sosialisasi perilaku sehat dan bersih (PHBS) di PAUD Bungong Reudeup,  Gampong Miruek Lam Reudeup, Aceh Besar, Rabu (16/08/2023).


Kegiatan diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ns. Nufus Diana Putri S.Kep selaku perwakilan dari DDA. PHBS sendiri merupakan serangkaian tindakan dan kebiasaan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan lingkungan. 


Hal ini mencakup kebersihan pribadi, pola makan yang seimbang, berolahraga secara teratur, tidur yang cukupmenghindari kebiasaan berbahaya seperti merokok atau minum terlalu banyak alkohol serta peduli lingkungan. 


Perilaku ini ditujukan untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan secara umum dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk semua. ujar Nufus.


Pemaparan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat disampaikan dengan metode story telling/bercerita oleh Aiza, pemateri dari GEN-A. 


Metode ini digunakan agar PHBS mudah dipahami oleh sasaran kegiatan yaitu anak-anak PAUD. Anak-anak ditanamkan bahwa PHBS  sangat penting dilakukan agar terhindar dari kuman dan penyakit walau setiap hari beraktivitas dengan aktif. 


Anak-anak juga diajarkan mengenai perilaku sehat dan bersih berupa cara cuci  tangan 6 langkah, membuang sampah pada tempatnya, makan makanan sehat dan bergizi, serta  berolahraga. Peserta berasal dari gabungan siswa/i dari Paud Blang Reudeup dan TK Bunga  Pala dengan jumlah 30 anak. Anak-anak juga diberikan games yang berkenaan dengan PHBS  agar mereka semakin paham dengan materi yang diberikan.


“Saya mendukung penuh acara hari ini, anak-anak semakin memahami cara cuci tangan yang benar dan perilaku hidup bersih dan sehat. Anak-anak pun sangat antusias dan bersemangat  dalam seluruh rangkaian kegiatan. Jadi bila dikemudian hari ini ada kegiatan positif dan  bermanfaat bagi anak-anak seperti ini lagi, kami sangat terbuka untuk bekerja sama kembali”  tutur ibu Rahmalia Eka Dewi, selaku Kepala PAUD Bungong Reudeup.


Riska selaku manajer PSDM GEN-A mengungkapkan kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran  dan dapat menanamkan nilai-nilai dalam berperilaku hidup bersih dan sehak sejak dini kepada  anak-anak.


 Sementara Ns. Nufus, selaku perwakilan DDA berharap agar kegiatan ini dapat  mengajarkan anak-anak untuk berperilaku bersih dari sejak dini dan semakin memahami  perilaku hidup sehat. Beliau juga berharap perilaku hidup sehat dan bersih yang sudah diajarkan ini dapat diterapkan oleh siswa PAUD di dalam dan luar sekolah sampai mereka tumbuh dewasa.tutupnya.[]


Post a Comment

Previous Post Next Post