GEN-A Gelar Webinar Internasional Bersama Majlis Belia Malaysia

 




Laporan Zafira Nabilah | Banda Aceh 


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH  - Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) berkolaborasi dengan Majlis Belia Malaysia (MBM) Gelar Webinar Internasional dalam melaksanakan Youth Inspirational Forum 2023,  Minggu (9/07/2023). 


Kegiatan ini mengusung tema “A versatile youth: Excellence in personality, education and career” yang didasari atas isu yang sedang meningkat di Malaysia yaitu kurangnya minat muda-mudi dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.


Webinar kolaborasi dua negara ini dilaksanakan via zoom meeting yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Diawali dengan pembukaan oleh Izzat Afifi selaku Presiden MBM, beliau berharap dengan dilaksanakannya webinar ini muda mudi Malaysia maupun Indonesia dapat mengetahui pentingnya pendidikan, attitude dan karir, sesuai dengan isu pendidikan di Malaysia, banyak sekali muda-mudi yg tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan selepas mereka SPM (setara SMA).


Materi pertama disampaikan oleh Syafiq Wahab (Inspirational Speaker) terkait bagaimana pentingnya attitude dalam kehidupan. “Orang yang berattitude akan dihormati oleh orang lain. Contohnya singa si raja hutan, dia bukanlah hewan palig pintar, bukanlah hewan paling besar, dan bukanlah hewan paling segalanya. Tapi karena dia bijaksana dan memiliki sifat yang baik, singa bisa disegani oleh hewan hutan lainnya” jelasnya.




Materi kedua disampaikan oleh Zurratul Aina (Student Activist) terkait pentingnya Pendidikan. Aina mengatakan “Pendidikan yang dimaksud disini bukanlah Pendidikan formal saja, yang berarti pergi sekolah lalu pulang. Pendidikan yang dimaksud termasuk Pendidikan formal dan non formal. Pendidikan non formal sama pentingnya dengan Pendidikan formal. Misalkan dengan kita mengikuti webinar ini dan menjadi aktivis kampus, akan ada pembelajaran lain yg kita dapatkan diluar kelas formal.”


Materi ketiga disampaikan oleh Imam Maulana (Direktur Eksekutif GEN-A) terkait Strategi Pengembangan Karir melalui Pengabdian Masyarakat di Perkuliahan. “Adalah wajar bagi manusia untuk mencari pekerjaan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, dalam dunia kerja keterampilan saja tidak cukup. 


Berdasarkan penelitian oleh Khazanah Research Institute, penyedia kerja menjadikan kejujuran & kerja keras didukung oleh disiplin & komitmen sebagai dua karakter prioritas yg dimiliki oleh karyawan, diikuti oleh keterampilan teknis, gelar akademik, keterampilan komunikasi, dan kerjasama tim. Karakter ini dapat ditumbuhkembangkan melalui pengabdian masyarakat. 


Pengabdian masyarakat (community services) adalah unpaid job yg dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Karena tidak tidak berorientasi pada uang, maka mereka yg rutin melibatkan diri dalam pengabdian masyarakat cenderung memiliki karakter positif. Disisi lain, lingkungan yg mendukung juga penting dalam pengembangan diri dan karir.” Jelas Imam.


Salah satu peserta bernama Farhan juga memberikan feedback nya. “Banyak pembelajaran baru yang di dapat setelah mengikuti webinar youth inspirational forum. Ternyata untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan pembelajaran formal saja tidak cukup tetapi juga harus diiringi dengan pembelajaran non formal seperti contohnya mengikuti aktivitas kemahasiswaan, mengikuti webinar diluar perkuliahan dan pelatihan-pelatihan khusus di luar pembelajaran formal. 


Selain itu webinar ini juga meningkatkan keinginan untuk terus menimba ilmu lebih lagi baik itu dengan melajutkan pendidikan ataupun mengikuti forum-forum sumber keilmuan.Untuk keseluruhan webinar ini sangat menarik dan menginspirasi banyak pemuda untuk terus menggali ilmu untuk kebermanfaatan bagi masyarakat luas” ungkap Farhan.


Peserta melibatkan dua negara yaitu Malaysia dan Indonesia, peserta yang hadir berjumlah 50 orang. Webinar berlangsung lancar dan peserta terlihat antusias dibuktikan dengan beberapa pertanyaan yg diajukan langsung kepada pemateri. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi program rutin untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan pemuda Malaysia dan Indonesia.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post