GEN A dan GENCIS Gelar Training of Communicator

 


SABANGINFO.COM, ACEH BESAR - Kembali hadir kegiatan Training of Communicator (ToC) Literasi Digital dengan Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Batch 2 di aula Yakesma, Dusun Lambateung, Kajhu Baitussalam, Minggu (11/06/2023).


 Kolaborasi ini dilaksanakan oleh Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) bersama dengan Generasi Cerdas Internet Sehat (GENCIS).


Program tersebut mengusung tema “Kolaborasi Organisasi Pemuda dalam Aksi Tangkal Hoaks” dengan tujuan melatih peserta dalam meningkatkan keterampilan komunikasi antar individu dan cara-cara menangkal hoaks yang beredar di kalangan masyarakat.


Toc ini diselenggarakan oleh ICT Watch dan didukung oleh UNICEF Indonesia dan merupakan tindak lanjut dari Training of Trainer Literasi Digital dengan Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi (KAP). 


Kegiatan diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh sitty Almatunira sebagai ketua GENCIS dan Flower Aceh dan dibuka secara resmi oleh Imam Maulana selaku Direktur Eksekutif GEN-A & AIMI Daerah Aceh. 


Kemudian dilanjutkan pemaparan materi yang juga disampaikan oleh Imam Maulana terkait dengan teknik dalam berkomunikasi antar individu. Materi kedua disampaikan oleh Sitty Almatunira yang membahas tentang cara menangani dan menangkal hoaks. Materi ketiga disampaikan oleh Oktalia Sabrida (Aceh Peduli ASI) terkait dengan praktek komunikasi antar pribadi dan Zulvia Maika Letis (Jawara Internet Sehat), dengan materi IPC whattsap documentation.


 Penyampaian materi oleh Trainer ini juga dibantu oleh Co-Trainer yaitu Maulida Putri, Dea Putri Farisya, Adelia Dinda Najmi, Nurfaizah dan Nella Azkia. Diakhir kegiatan TOC terpilih 8 orang komunikator yg telah berikrar siap menjadi komunikator khususnya dalam menangkal isu hoaks yg marak beredar.


Peserta ToC berasal dari berbagai organisasi seperti LDF Ash-Shihah Fakultas Keperawatan USK, Fasilitator Tangguh Bencana (FASTANA-TDMRC) USK, Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMATG) USK, Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFAR) USK, Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A), Blood for Life Foundation (BFLF) Indonesia dan Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma)


Sitty Almatunira selaku Ketua Generasi Cerdas Internet Sehat (GENCIS) mengharapkan training yang dilaksanakan pada hari ini dapat menumbuhkan semangat peserta dalam berkomunikasi sehingga bersama-sama dapat ikut bergabung sebagai sahabat GENCIS dalam menangkal hoaks dan bijak dalam menggunakan internet.


Sementara Imam Maulana selaku Direktur Eksekutif GEN-A mengatakan acara ini merupakan kolaborasi dan pergerakan dari berbagai lintas organisasi dan lintas latar belakang untuk meningkatkan keterampilan Komunikasi Antar Pribadi (KAP), sehingga dapat membentuk trainer-trainer baru yang dapat menjadi communicator yang handal dalam menyangkal isu-isu hoaks.


Sementara Riski salah satu peserta mengungkapkan kegiatan ini berlangsung sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Penyampaian materi disampaikan dengan menarik, ceria dan diselingi dengan ice breaking yang dibawakan dengan semangat. Training ini sangat membantu dalam melatih keterampilan komunikasi antar pribadi dan terasa sangat bermanfaat untuk kedepannya apalagi untuk menangkal isu-isu hoaks.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post