Ar-Raniry Juara Terbaik "Tapak Kemah" di Perkemahan Wirakarya Nasional 2023



SABANGINFO.COM - Kontingen Pramuka Putroe Phang UIN Ar-Raniry Banda Aceh meraih juara terbaik Tapak Kemah pada Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan ke XVI di Gorontalo. 


Acara yang ditutup Wakil Menteri Agama RI Dr. Zainut Tauhid, Jumat (26/5) tersebut dihadiri oleh perwakilan Pramuka Penegak dan Pandega di 58 Perguruan Tinggi Keagamaan seluruh Indonesia. Kegiatan Perkemahan tersebut merupakan agenda rutin dua tahunan yang dicanangkan Kementerian Agama


Selain Putroe Phang UIN Ar-Ar-Raniry, dari Banda Aceh turut serta juga Racana Iskandar Muda yang juga dipimpin oleh Ketua Gugus Depan, Drs Nasruddin AS. M.Hum. UIN Ar-Raniry mengirimkan 12 Pramuka Pandega; enam orang putra dan enam orang puteri, ditambah dengan Jarnawi dan Zahara Mustika selaku Pembina Pendamping. 


Menurut Nasaruddin AS, berbagai aktivitas dilaksanakan dalam perkemahan ini baik pertemuan Indaba untuk Pramuka Dewasa atau forum para Pembina Pramuka maupun Kegiatan untuk pramuka penegak dan pandega seperti kegiatan pengabdian di desa-desa gotong royong, penampilan pentas seni dan budaya, lomba kuliner nusantara serta berbagai lomba lainnya.


Lebih lanjut Nasruddin menyebutkan Kontingen UIN Ar-Raniry sukses meraih juara terbaik Tapak Kemah dan mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Agama.


Kontingen UIN Ar-Raniry sukses meraih juara terbaik Tapak Kemah dan mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Agama.



Dalam amanat penutupan Wakil Menteri Agama RI menyampaikan bahwa setiap anggota pramuka hendaknya senantiasa berkepribadian luhur dan terus menjalin kerjasama dan persaudaraan. Terlebih kedepan adalah tahun tahun politik, dimana diharapkan pramuka menjadi garda terdepan dalam mempersatukan masyarakat. 


Perbedaan pandangan dan pilihan, menurut Wakil Menteri Agama,  merupakan hal yang wajar jangan sampai Gerakan Pramuka terseret dalam politik praktis yang dapat membawa perpecahan dan disharmoni antar masyarakat. Pramuka harus memiliki karakter yang kuat dan moderat sebagai agen pemersatu Bangsa dalam bingkai Bhinneka tunggal ika.


Perkemahan Wirakarya ke XVI ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia KH. Yaqut Cholil Qoumas serta dihadiri juga oleh Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (pur) Budi Waseso pada tangga 22 Mei 2023 lalu. []

Post a Comment

Previous Post Next Post