Menjelang Masuk Sekolah, Puluhan Anak Periksa Gigi Gratis

 



Laporan Ikhsanul | Banda Aceh


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH - menjelang masuk Sekolah Puluhan Anak dapat pemeriksaan Gigi secara Gratis yang dilaksanak oleh Ikan Alumni Fatih Bilinggual School. di Komplek Fatih Bilingual School Teuku Nyak Arif. Lamnyong. Minggu 930/04/2023).


Ketua Pelaksana, Imam Maulana Mengatakan Ikatan Alumni Fatih Bilingual School (IKALFA) menyelenggarakan program Health Initiative Project (HIP) 1.0 dengan serangkaian acara kesehatan, salah satunya adalah penyuluhan, pemeriksaan gigi anak gratis, dan pembagian oral hygiene kit. Program ini bertujuan untuk menyediakan pemeriksaan gigi dan mulut gratis bagi anak-anak panti asuhan, dan dhuafa yang ada di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.


Kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi mulut merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit di masyarakat Indonesia. Riskesdas tahun 2018 menunjukkan 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut dan hanya sekitar 10,2% yang telah mendapatkan pelayanan medis. Prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi (93%) dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mulai melakukan tindakan pencegahan gigi berlubang sejak dini. ujar Imam Maulana.


Lanjut, Imam mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan di Komplek Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School, Lamnyong. Peserta kegiatan berjumlah 85 orang anak yang berasal dari panti asuhan di Banda Aceh dan Aceh Besar, Taman Edukasi Kampung Jawa, dan masyarakat Lamnyong dan sekitarnya. Anak-anak tersebut mayoritasnya berasal dari keluarga kurang mampu.


Pelayanan kesehatan dimulai dengan pengukuran status gizi anak, dilanjutkan dengan penyuluhan bertopik "Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut" oleh dokter gigi, lalu para peserta dilakukan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi dan dokter gigi muda dari Forum Komunikasi Dokter Gigi Muda (FKDGM) FKG USK, dan diakhiri dengan edukasi serta penyerahan oral hygiene kit.jelas Imam Maulana


"Merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut amatlah penting untuk dilakukan sedini mungkin. Dengan pencegahan dini maka kesehatan gigi dan mulut akan terjaga untuk jangka yang lebih panjang.", ujar drg. Haniffun Nisa selaku pemateri penyuluhan. Beliau juga memaparkan cara-cara merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik dan benar 


"Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus rutin dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak masih anak-anak", ujar drg. Cut Thirza Talitha selaku ketua divisi acara dan juga dokter gigi.



“Mengabdi kepada masyarakat merupakan keharusan dan tanggung jawab anak muda atas ilmu masa mudanya. Kami berharap agar kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan karakter lillahi ta'ala, rahmatan lil’alamin bagi seluruh orang yang terlibat.” Ujar dr. Imam Maulana, selaku Ketua Panitia HIP IKALFA (HIP 1.0).


Acara ini dihadiri oleh Bapak Ardiansyah S.Stp, M.Si (Staf Ahli Walikota Bidang Keistimewaan Kemasyarakatan dan SDM),  Bapak Irwansyah S.T. (Komisi III DPRK Banda Aceh) , dr. Muntadhar, Sp.B, Sub.Sp.Ped (K) (Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Banda Aceh) , Ibu Ghassana & Susi Erlita (BNN Kota Banda Aceh), dr. Rizka Aditya, Sp.OG (AIMI Aceh), Bapak Rezvaldin Mashanlo  (General Manager Fatih Bilingual School), dan Bapak Chyngyz Orozaliev (General Manager Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School), serta tamu undangan lainnya.



Post a Comment

Previous Post Next Post