Dompet Dhuafa Aceh Gelar Edukasi Pengelolaan Sampah

 



Laporan Nufus Diana Putri | Aceh Besar


SABANGINFO.COM, ACEH BESAR - LKC Dompet Dhuafa Aceh melaksanakan kegiatan Edukasi Pengelolaan Sampah di Kawasan Sehat Binaan Dompet Dhuafa, desa Miruek Lamreudeup Kecamatan Baitussalam - Kabupaten Aceh Besar, Rabu 17/5/2023). 


Kegiatan berlangsung di ruang Meunasah Miruek Lamreudeup sejak pukul 09.30 WIB hingga menjelang siang. 


Kegiatan ini diikuti oleh perangkat desa yang terdiri dari Keuchik, Kepala Pemuda, Sekretaris desa, Bendahara, Ketua PKK, dan seluruh kader pemberdayaan gampong; kader posyandu, posbindu, kader BKB, Kader Lansia, dan keswa. Turut hadir sebagai pemateri, Muhammad Indra dari Yayasan kami KITA yang merupakan mitra kebaikan LKC Dompet Dhuafa Aceh. 


Indra mengatakan bahwa sampah merupakan masalah ketika tidak dikelola dengan benar. Sampah rumah tangga saja jumlahnya sangat banyak hingga menjadi gundukan berupa gunung di TPA (Tempet Pembuangan Akhir). Salah satu cara penyelesaian masalah sampah ini adalah dengan pengolahan. 


“Kita akan memilah sampah daur ulang untuk dijadikan kompos dan biogas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini tentunya akan memberikan dua keuntungan; pertama, lingkungan kita bersih dari sampah dan semakin sehat. Kedua, kita juga mendapatkan keuntungan materil dari pengolahan sampah ini,” ungkap Indra.


Sepanjang kegiatan berlangsung, terlihat seluruh peserta begitu antusias hingga usai acara. Ali, salah seorang peserta yang merupakan ketua kelompok pengelolaan sampah setempat menyatakan sepakat untuk membentuk Bank Sampah di Miruek Lamreudeup. Hal ini tentunya berkat kerjasama semua pihak. 


“Saya yakin, sangat optimis, bahwa dengan kerjasama kita dalam pengelolaan sampah ini akan menjadikan gampong kita lebih bersih, sehat, serta sampah yang merupakan limbah tak guna menjadi sesuatu yang memberikan manfaat,” ucap Ali. 


Bersama perangkat desa setempat telah disepakati bahwa kedepan kita akan sama-sama mengelola sampah hingga terbentuk Bank Sampah.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post