HUT Kota Banda Aceh, Puluhan Ibu Hamil Periksa USG Gratis

 

Laporan Ikhsanul | Banda Aceh


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 37 orang ibu hamil menjadi peserta pemeriksaan kesehatan kandungan yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fatih Bilingual School (IKALFA). Di Komplek Sekolah  Teuku Nyak Arif Fatih Bilinggual School lamnyong. Minggu (30/05/2023).




Ketua Panitia Imam Maulana Mengatakan Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Healthcare Initiative Project (HIP) yang diselenggarakan oleh ikatan alumni Fatih Bilingual School (IKALFA) di sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School. Program ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kota banda aceh ke-818. Pelayanan kesehatan ibu hamil terdiri dari penyuluhan, pemeriksaan dengan alat USG, serta konseling kesehatan gratis. 


" Peserta berasal dari daerah sekitar Lamnyong, Kajhu, dan Kopelma. "


Selanjutnya imam mengatakan Materi penyuluhan pertama dengan topik ‘Deteksi Kehamilan Risiko Dini’ disampaikan oleh dr. Cut Nonda Maracilu, Sp. OG , dokter spesialis Obgyn & pengurus AIMI Aceh. "Komplikasi kehamilan seperti hipertensi, letak bayi lintang, perdarahan saat kehamilan dan preeklamsia dapat dicegah dengan pemeriksaan ibu hamil secara rutin dan sedini mungkin”, 


"Setiap ibu hamil harus mengkonsumsi gizi yang cukup seperti zat besi, lemak, karbohidrat, protein, asam folat, kalsium, serta vitamin D dan C untuk mencegah anemia, membantu penyerapan kalsium dan menurunkan risiko cacat lahir", tambah dr. Khairunnisak, M. Gizi, Sp. GK, AIFO-K sebagai pemateri penyuluhan kedua dengan topik‘Nutrisi Tepat bagi Ibu Hamil dan Menyusui’. 


Pemateri ketiga, dr. Hafidhoh Arvona (Konselor menyusui) dengan topik "Keajaiban ASI, Keselamatan Generasi" menyampaikan bahwa Inisiasi menyusui dini dalam 30 menit setelah persalinan penting untuk meningkatkan kontak skin to skin antara bayi dan ibu, juga dapat berkontribusi dalam peningkatan ASI eksklusif. Ketiga narasumber merupakan pengurus AIMI Aceh. 


Pemeriksaan kandungan dengan USG dilakukan oleh Tim Kesehatan Prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi FK USK dan Ikatan Alumni Obgyn (ILOGIS) FK USK. Konseling gizi klinis, gizi anak dan menyusui oleh difasilitasi oleh tim AIMI Aceh. Di akhir kegiatan, peserta diberikan parcel sembako sebagai apresiasi atas partisipasinya.


"Program penyuluhan ini sangat penting, karena pengetahuan ibu merupakan kunci untuk menjamin kondisi janin dan bayi yang sehat, termasuk tercegah dari stunting" ujar Khairunnisa, S.Ked., selaku penanggungjawab program penyuluhan. "Kami menemukan ada satu ibu hamil dengan kondisi ketuban yang sedikit (oligohidramnion), dan langsung dirujuk ke fasyankes", tambah Vannisa Fadya, selaku penanggungjawab program pemeriksaan ibu hamil. 


Acara ini dihadiri oleh Bapak Ardiansyah S.Stp, M.Si (Staf Ahli Walikota Bidang Keistimewaan Kemasyarakatan dan SDM),  Bapak Irwansyah S.T. (Komisi III DPRK Banda Aceh) , dr. Muntadhar, Sp.B, Sub.Sp.Ped (K) (Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Banda Aceh) , Ibu Ghassana & Susi Erlita (BNN Kota Banda Aceh), dr. Rizka Aditya, Sp.OG (AIMI Aceh), Bapak Rezvaldin Mashanlo  (General Manager Fatih Bilingual School), dan Bapak Chyngyz Orozaliev (General Manager Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School), serta tamu undangan lainnya.


“Mengabdi kepada masyarakat merupakan keharusan dan tanggung jawab anak muda atas ilmu masa mudanya. Kami berharap agar kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan karakter lillahi ta'ala, rahmatan lil’alamin bagi seluruh orang yang terlibat.” Ujar dr. Imam Maulana, selaku Ketua Panitia HIP IKALFA (HIP 1.0).


Ikatan Alumni Fatih Bilingual School (IKALFA) adalah organisasi pemuda nirlaba berbasis kelompok pemuda yang menempuh pendidikan di Fatih Bilingual School baik putri maupun putra. Ikatan alumni yang awalnya terpisah antara putra dan putri kini bergerak dalam payung yang sama untuk memberikan kebermanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat Aceh dan Indonesia.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post