Zaytuna College California Kampus Islam Pertama di Amerika



SABANGINFO.COM -  Zaytuna College di California, Amerika Serikat, merupakan kampus Islam pertama di Negeri Paman Sam itu.


Zaytuna College didirikan oleh seorang mualaf bernama Hamza Yusuf pada 2009 lalu. Ia adalah pria kelahiran 1960 asal Washington.


Meski usianya belum terlalu tua, Zaytuna College telah memiliki ribuan mahasiswa sejak perguruan ini didirikan.


Berikut fakta-fakta seputar Zaytuna College yang jarang diketahui orang, dikutip dari situs resmi kampus tersebut.


1. Kampus Islam pertama di AS

Zaytuna College adalah perguruan tinggi Islam pertama yang didirikan di Amerika Serikat. Sekolah ini didirikan pada tahun 2009 oleh Hamza Yusuf, Zaid Shakir, dan Hatem Bazian.


2. Namanya diambil dari istilah Arab


Nama “Zaytuna” berasal dari bahasa Arab dan berarti “zaitun”. Zaitun adalah tanaman yang penting dalam budaya dan tradisi Islam.


3. Tawarkan banyak program sarjana


Zaytuna College menawarkan program gelar sarjana dalam bidang Studi Islam dan Humaniora. Program ini mencakup studi tentang Quran, Hadis, Filsafat, Sejarah, Bahasa Arab, dan Pemikiran Islam Kontemporer.


4. Menjalin kerja sama dengan kampus lain


Zaytuna College memiliki kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya, termasuk University of California, Berkeley, dan Graduate Theological Union.


Hal ini memungkinkan mahasiswa Zaytuna College untuk mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain dan mendapatkan kredit transfer.


5. Perpustakaan yang representatif


Zaytuna College memiliki perpustakaan yang kaya akan buku-buku dan sumber daya tentang Islam.


Perpustakaan ini terbuka untuk umum dan sering menjadi tujuan bagi pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang agama Islam.


6. Punya misi hadirkan pemimpin Muslim yang berkarakter


Zaytuna College memiliki misi menciptakan pemimpin-pemimpin muslim yang terdidik, berwawasan global, dan berkontribusi pada masyarakat.


Hal ini tercermin dalam kurikulum dan kegiatan-kegiatan di kampus, seperti program magang, seminar, dan kegiatan relawan.


7. Bangunannya bekas biara Katolik


Zaytuna College memiliki kampus yang terletak di Berkeley, California, di sebuah bangunan yang dulunya merupakan sebuah biara Katolik.


Bangunan ini telah direnovasi dan diubah menjadi kampus yang cantik dengan fasilitas yang modern.


Demikian fakta-fakta seputar Zaytuna College di California yang merupakan kampus Islam pertama di AS. []


Post a Comment

Previous Post Next Post