Semarak HUT Kota Banda Aceh, Puluhan Anak Disunat Gratis

 


Laporan Ikhsanul | Banda Aceh


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH - Dalam Semarak HUT Kota Banda Aceh Ke - 818, Puluhan Anak Disunat Gratis. di Komplek Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School, Lamnyong. Minggu (30/04/2023).


Sebanyak 40 orang anak menjadi peserta khitan massal yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fatih Bilingual School (IKALFA) di Komplek Sekolah TNA Fatih Bilingual School. Peserta berasal dari panti asuhan, Taman Edukasi Kampung Jawa, Kajhu, Limpok, Alue Deah Teungoh, hingga Lhoknga. Mayoritas peserta berasal dari keluarga kurang mampu.


Ketua Pelaksana Imam Maulana Mengatakan Khitan yang merupakan kewajiban bagi lelaki muslim sangat penting untuk kesehatan. Khitan dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit menular seksual seperti herpes atau sifilis, mencegah terjadinya penyakit kelamin, mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih. 


Namun Demikian, khitan atas permintaan sendiri, dengan biaya mulai dari Rp 500.000, tidak ditanggung oleh BPJS. Hal ini menjadi permasalahan bagi masyarakat dengan kondisi ekonomi yang rendah, termasuk anak panti asuhan. Oleh karena itu, momen HUT Kota Banda Aceh ke-818 menjadi momentum pengabdian masyarakat untuk bersama bergerak menyelesaikan tantangan tersebut. Salah satunya khitan massal dalam kegiatan Healthcare Initiative Project (HIP) 1.0 yang anak yatim-piatu dhuafa di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sebagai peserta utama. terang Imam maulana.


Lanjut imam, Kegiatan ini berkolaborasi dengan Prodi Ilmu Bedah FK USK/RSUDZA, IDI Kota Banda Aceh, Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) Wilayah Aceh, Dompet Dhuafa Cabang Aceh. Untuk mencapai pelayanan yang maksimal, petugas medis khitan adalah merupakan tenaga kesehatan yang dipimpin oleh Dr. dr. Jufriady Ismy, Sp.U., bersama dr. Muntadhar, Sp.B, Sub.Sp.Ped (K)., dr. Reza Maulana, M.Si., Sp.U., dan dr. Yumna Muzzakir., Sp.BA., dan tim Prodi Ilmu Bedah FK USK/RSUDZA. Setelah dikhitan, para peserta diberikan parcel sebagai bentuk apresiasi atas keberanian anak untuk dikhitan.


Dengan diselenggarakan acara ini, diharapkan anak-anak panti asuhan di Kota Banda Aceh dan sekitarnya mendapatkan kesempatan untuk dikhitan secara gratis oleh profesional tanpa dipungut biaya.” ujar Thyfa Annisa, S.Ked selaku penanggung jawab acara khitan massal.“


"Selain khitan massal, kami juga menyelenggarakan pemeriksaan penyuluhan, konseling, dan pemeriksaan USG bagi ibu hamil dan kami menemukan ada 1 bumil dengan air ketuban yang sedikit (oligohidramnion) yang langsung dirujuk ke fasyankes lanjutan", tambah Fathin Arinnidinni, S.Ked., selaku Kasubdiv Acara yang juga merupakan dokter muda dibagian Ilmu Bedah. 


"Mengabdi kepada masyarakat merupakan keharusan dan tanggung jawab anak muda atas ilmu dan masa mudanya. Kami berharap agar kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan karakter lillahi ta'ala, rahmatan lil’alamin bagi seluruh orang yang terlibat.” ujar dr. Imam Maulana selaku Ketua Panitia HIP 1.0 IKALFA.


Acara ini dihadiri oleh Bapak Ardiansyah S.Stp, M.Si (Staf Ahli Walikota Bidang Keistimewaan Kemasyarakatan dan SDM),  Bapak Irwansyah S.T. (Komisi III DPRK Banda Aceh) , dr. Muntadhar, Sp.B, Sub.Sp.Ped (K) (Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Banda Aceh) , Ibu Ghassana & Susi Erlita (BNN Kota Banda Aceh), dr. Rizka Aditya, Sp.OG (AIMI Aceh), Bapak Rezvaldin Mashanlo  (General Manager Fatih Bilingual School), dan Bapak Chyngyz Orozaliev (General Manager Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School), serta tamu undangan lainnya.


Ikatan Alumni Fatih Bilingual School (IKALFA) adalah organisasi pemuda nirlaba berbasis kelompok pemuda yang menempuh pendidikan di Fatih Bilingual School baik putri maupun putra. Ikatan alumni yang awalnya terpisah antara putra dan putri kini bergerak dalam payung yang sama untuk memberikan kebermanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat Aceh dan Indonesia.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post