Bulan Suci Ramadhan, Indahnya Berbagi

 


Oleh : Alvi Dahlia | Penulis Merupakan  Mahasiswi STIS AL - Aziziyah Sabang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Asal Gampong Paya Seunara.


SABANGINFO.COM, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat Islam. dalam islam puasa wajib dilakukan setiap muslim dan muslimah di bulan Ramadhan dengan cara beribadah kepada Allah dengan menahan diri dari makan, minum, dan pembatal puasa lainnya, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.


Bulan ini juga merupakan bulan yang penuh rahmat yang Allah berikan kepada hambanya oleh karena itu tidak heran umat islam sangat berbahagia dengan kedatangan bulan Suci ini selain berpuasa umat islam juga dianjurkan untuk banyak berbuat kebaikan, terutama berbagi di bulan Ramadhan yang mulia.


Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh Berkah dimana di dalam bulan suci ini setiap amal ibadah yang di laksanakan oleh Umat islam akan memperoleh ganjaran pahala oleh Allah SWT.


Bagi Ummat Islam, berbagi Makanan kepada mereka yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang melimpah, makanan salah satu kebutuhan yang mendasar yang sering tidak mudah untuk dinikmati sejumlah lapisan masyarakat. berbagi makanan lebih praktis dan mudah dilaksanakan.


Banyak hadits menjelaskan keutamaan berbagi pada bulan Ramadhan. Sebuah riwayat menyebutkan jawaban Rasulullah perihal keutamaan berbagi atau sedekah pada bulan Ramadhan. Sedekah pada bulan Ramadhan memiliki keistimewaan luar biasa sebagaimana riwayat sahabat Anas bin Malik RA: Artinya, “Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’ (HR At-Tirmidzi).


Al-Baijuri menjelaskan keutamaan berbagi pada bulan Ramadhan. Ganjaran berbagi pada bulan Ramadhan dapat dilipatgandakan dibanding ganjaran berbagi pada bulan lainnya.


“(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di Bulan Ramadhan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan,” (Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1999 M/1420 H].


Salah satu cara berbagi dibulan Ramadhan dengan cara membagikan makanan kepada orang yang berpuasa karena tidak hanya amalan berpuasa yang mendapatkan pahala yang berlipat namun memberi makan orang yang berpuasa pun mendapat kedudukan yang istimewa seperti dalam hadist berikut:


“Barang Siapa yang memberi makan oran yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga”[HR. Tirmidzi].


Mutiara berbagi di bulan Ramadhan dapat disebarkan kepada siapa saja. Bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan cara bersedekah. Selain menambah kebahagiaan serta mempererat tali silaturahmi, berbagi juga dapat meningkatkan iman dan takwa. Dengan berbagi, rezeki seseorang justru akan senantiasa dilipatgandakan oleh Allah SWT.


Kesempatan berbagi atau bersedeqah tidak tahu bisa dilakukan kembali di tahun depan, karena usia tidak tahu kapan ajal tiba. maka dalam momen bulan suci ramadhan, ayo berbagi antar sesama dalam memenuhi kebutuhan dalam berbuka puasa.


ada beberapa cara yang bisa dilakukan berbagi atau bersedeqah di bulan suci Ramadhan:


Pertama, memasak makanan yang lebih kemudian dibungkus dibagikan kepada tetangga atau fakir miskin dan anak yatim sebagai menu untuk berbuka puasa.


Kedua, memberi sedeqah berupa uang, jika tidak ada waktu untuk memasak karena faktor kesibukan.


Ketiga, Berbagi takjil bagi pedagang yang menjual dagangan di pinggir jalan kepada orang yang membutuhkan.


Keempat, gerakan Sosial bagi - bagi takjil buka puasa, dengan cara pengalangan dana kepada donatur, kemudian dibuat berupa makanan dan kue, selanjutnya dibagikan kepada yang membutuhkan.


Ritual dan tradisi ini, terus dilakukan di masyarakat Aceh dan Khususnya di sabang dalam mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan suci ramadhan.[]





Post a Comment

Previous Post Next Post