Ratusan Kendaraan Terjebak Banjir di Jembatan Ie Mirah Ladang Rimba Trumon

 

Ratusan Kenderaaan baik Roda emapat maupun Roda dua, terjebak di Jembatan Ie merah Ladang Rimba Trumon Aceh Selatan. Sabtu (05/11/2022)


Laporan Dahniar | Aceh Selatan 


 SABANGINFO.COM, ACEH SELATAN - Intensitas hujan yang tinggi yang melanda Kabupaten Aceh Selatan dalam beberapa hari berturut-turut ini, mengakibatkan musibah banjir di desa Ladang Rimba Kecamatan Trumon Tengah aceh selatan. Banjir menggenangi jalan lintas Nasional Banda Aceh - Medan, dengan titik loksi di jembatan ie mirah desa Ladang Rimba dengan ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa. Sabtu, 05/11/2022.


Dalam musibah ini mengakibatkan ratusan kendaraan tertahan, baik mobil truk pengangkut sawit,  mobil pribadi, maupun kendaraan sepeda motor tertahan sampai berhari-hari di lokasi kejadian. Semenjak berita ini diturunkan antrian kendaraan bermotor  sudah mencapai panjang 3 kilo meter dari kedua belah arah, dikarenakan debit air yang terus meninggi.


Kapasitas air yg terus meningkat ini juga dikarenakan banjir kiriman dari Aceh Tenggara, yang mengakibatkan genangan banjir tidak kunjung surut, bahkan bertambah parah. dengan kejadian ini juga berefek pada sejumlah pedagang kaki lima dan pasar di desa setempat menjadi sepi penmbeli.


Dari musibah tersebut, sebahagian masyarakat setempat turut menyediakan jasa dorong mobil, angkut sepeda motor, serta jasa bengkel dadakan untuk menangan permasalahan yang dihadapi oleh pengendara. 




M. Ganti Jasa Pengangkut Sepeda Motor mengatakan  jasa angkut sepada motor menggunakan becak  untuk membantu pengendara khususnya sepeda motor ia menggunakan becak miliknya dan menggunakan beberapa anggotanya untuk mendorong becaknya tersebut menyebrangi tingginya banjir, dan ia mematok Rp. 50.000 per sepeda motor yang di angkutnya.


 Ia juga menjelaskan juga ada anggota masyarakan yang memberi jasa untuk mendorong  menyebrangan mobil dari arus banjir dengan cara mendorongnya yang terdiri dari 5 anggota permobil yang di dorong dengan kanelpot mobil di tutup bagus dan rapi, jasa penyeberangan mobil ini pihak masyarakat setempat mematok tarif Rp. 150.000 per mobil yang di dorongnya.


Efek dari banjir kiriman ini urum merendamkan sejumlah desa di kecamatan trumon dan trumon tengah,  diantaranya Desa Sigleng, Desa Ujong Tanoh, Desa Kuta Baro,  Desa Ladang Rimba,  Lhok Raya dan Cot Bayu.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post