Gelar Rakor IPSM, Dinsos Aceh Perkuat Sinergisitas Antar Kabupaten/Kota

 


SABANGINFO.COM, BANDA ACEH - Dalam ikhtiar membangun kesejahteraan sosial (Kesos) sangat diperlukan sinergisitas dan persepsi yang sama mengenai tugas dan fungsi dari setiap Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). 


“Karenanya penanggulangan terhadap para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) serta issue-issue permasalahan sosial dapat kiranya diselesaikan dengan rumusan yang terarah, terpadu dan tepat,”.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris, Devi Riansyah, A.KS, M.Si, pada pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Minggu, (20/11) malam di Hotel Ayani, Banda Aceh.


Dalam pertemuan yang dihadiri pengurus IPSM dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota itu, Devi menyebutkan, rakor IPSM  diharapkan menjadi wadah sinkronisasi dan penyamaan kesepahaman tugas sosial antar pengurus IPSM di daerah dengan Dinsos Kabupaten/Kota setempat.


Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antar Pemerintah dan masyarakat pekerja sosial akan menumbuhkan optimisme dalam usaha pembangunan kesejahteraan sosial di daerah. 


Selain itu ungkapnya, pembangunan kesejahteraan sosial juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional, sehingga penyelenggaraan kesos menjadi tanggung jawab bersama-sama.


Lebih lanjut kata Devi, untuk memperkuat keberadaan PSM di tengah-tengah masyarakat, diperlukan peran serta Pemerintah Kabupaten/Kota dan Ikatan PSM guna melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas pekerja sosial di daerah. 


Hal ini sebutnya, dimaksud agar salah satu pilar sosial milik Pemerintah tersebut dapat melaksanakan tugas sosial nya dengan baik setelah mengetahui aturan-aturan atau rambu-rambu pelayanan kesehjateraan sosial yang benar.


“Dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antar pengurus IPSM dan Dinsos Kabupaten/Kota, hendaknya dapat melahirkan kesepakatan rencana penyelenggaraan kesos yang lebih terukur dan optimal”. ujar Devi.


turut hadir dalam pembukaan rakor, Kabid Rehsos, Isnandar, Kepala UPTD RSBM, Farid Wajdi, serta Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan Perorangan dan Kelembagaan (P2K) Dinsos Aceh, Safwan MM bersama para staf. []

Post a Comment

Previous Post Next Post