Sekda Kota Sabang Inspektur Upacara Hari Santri Nasional

 Foto: Dok. Humas kemenag Kota Sabang.


Laporan Sjafrizal | Kota Sabang 


SABANGINFO.COM, SABANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang, Drs H Zakaria MM menjadi Irup (Inspektur Upacara) pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022. Upacara Peringatan Hari Santri di Kota Sabang dilaksanakan di Halaman Kantor Kemenag Setempat. Senin (24/10/2022).


Peringatan Hari Santri tahun 2022 ini mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” yang bermaksud bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Bangsa Indonesia.


Zakaria membacakan pidato Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan, Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.


"Ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan berperang melawan penjajah. Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu didoakan oleh Kiai Subchi Parakan Temanggung, Jawa Tengah. Para santri tidak gentar melawan musuh yang ada dihadapannya," baca Zakaria.


"Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. Salah satunya, KH Wahid Hasyim, ayah KH Abdurrahman Wahid, adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan. KH Wahid Hasyim, bersama santri-santri dan tokoh-tokoh agama lainnya turut memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di Indonesia," lanjut Zakaria.


Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan serta agama.


"Catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja,” sebut Zakaria.


Melalui momen upacara peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kyai, santri yang telah syahid di medan perang, demi kemaslahatan bangsa dan agama.


"Saya selaku Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, dari Sabang sampai Merauke, yang hari ini sedang bersukacita merayakan peringatan Hari Santri Tahun 2022," tutup Zakaria mengakhiri amanat Menteri Agama RI.


Upacara dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Dr H Mukhlis MPd. Kasubbag TU, Para Kepala Seksi, Ka. KUA, Pengawas, Penyuluh Agama Islam serta Seluruh Karyawan dan Karyawati Kankemenag Kota Sabang.


Sementara itu tampak pula dalam barisan undangan Plt Kepala Dinas Syariat Islam, Rinaldi Syahputa SE MT. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Desiana SPd MPd. Kepala BNNK Sabang, Hasnanda Putra ST MM MT. Pimpinan Pondok Pesantren Almujaddid, Tgk Irsalullah SThI. Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah, Tgk Hasballah. Ketua Harian Dayah Istiqamatuddin Darul Wa'di, Saiful Sabri SPdI dan juga beberapa pimpinan lintas sektoral lainnya.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post