Panwaslih Sabang Sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan Pemilu

 Ketua panwaslih Sabang Dasrul Rinaldi, SE sedang memberi materi Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Pemilu bagi pengurus  Partai Politik di Sabang.Rabu (27/07/2022) di di Acie Rasa Coffee. Foto: Dok. Panwaslih Sabang.


SABANGINFO, SABANG - Dalam rangka mengurangi terjadinya pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu, Panitia Pengawas Pemilihan Kota Sabang melaksanakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Pemilu/Pemilihan, Rabu (27/07/2022) di di Acie Rasa Coffee.


"Peserta pada kegiatan ini yaitu perwakilan dari Partai Politik di Wilayah Kota Sabang, serta turut di undang dari unsur Jurnalis dan Relawan Anti Money Politik."


Dasrul Rinaldi Ketua Panwaslih Kota Sabang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, setelah di tetapkan tahapan Pemilu tahun 2024, Panwaslih Sabang terus melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Pemilu/Pemilihan, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas antara Panwaslih Sabang dengan Partai Politik di Sabang dalam pemahaman terhadap Peraturan Perundangan-Undangan yang berkaitan dengan Pemilu/Pemilihan, ujarnya.


Ia juga menambahkan bahwa Panwaslih Sabang terus melakukan berbagai sosialisasi lainnya terutama sosialisasi bagi pemilih pemula, ungkap Dasrul.


Selanjutnya, Sunarno Kordiv. HPPS Panwaslih Sabang yang menjadi narasumber, mengajak kepada pengurus Partai Politik untuk melakukan pencegahan dini pelanggaran dan sengketa Pemilu dalam internal Partai Politik itu sendiri.


" Sengketa proses Pemilu dapat dicegah dengan cara identifikasi,  pengurus Partai Politik melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap berkas-berkas pencalonan peserta Pemilu, sebelum didaftarkan kepada KIP. Hal ini sangat penting disampaikan kepada pengurus partai Politik dalam melaksanakan pendidikan politik dan demokrasi kepada pengurus kader maupun simpatisannya."  ujar Sunarno.


Sementara itu, Akmal Said Divisi Hukum KIP Kota Sabang dalam pemapaparan materinya, juga turut menyampaikan kepada seluruh perwakilan Partai Politik yang hadir untuk menyiapkan Partai Politik nya masing-masing dalam rangka menghadapi tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu mendatang, terangnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post