Warga Sabang Shalat Idul Fitri di lapangan Yos Sudarso

Jamaah Shalat idul Fitri sedang mendengar ceramah hari raya yang disampaikan oleh Tgk Bardi Akarta (Foto: Sjafrizal/sabanginfo.com)
 

Laporan Sjafrizal | Kota Sabang


SABANGINFO, Sabang - Warga Sabang melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Yos Sudarso, Senin (2/05) pagi, di Kota Ateuh.


Pantauan Sabanginfo.com, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H di lapangan Yos Sudarso berjalan lancar, aman dan tertib.


Masyarakat Sangat senang dan antusias sudah bisa kembali shalat Idul fitri di lapangan, sebelumnya hanya di Masjid.

Jamah Shalat idul Fitri di Lapangan Yos Sudarso Sabang (Foto: Sjafrizal/sabanginfo.com)

Khatib Shalat idul Fitri 1443 H, Tgk Bardi Akarta mengatakan kita sudah melewati masa menahan nafsu sesudah Ramadhan juga harus menjaga nafsu. 


Nafsu itu, menurutnya, ada  tingkatan yaitu: nafsu amarah, nafsu yang tidak ada kebaikan,orang berbuat kebaikan ia benci kebaikan.  Nafsu lawamah, nafsu ini hampir 90% dia baik akan tetapi 10% yang jahat dia dimasukan kedalam neraka dan  Nafsu Mutmainnah, nafsu inilah yang dipanggil oleh Allah SWT.


Menuntut anafsu Mutmainnah adalah Fardhu ain. Seumpama shalat Fardhu yaitu wajib. Maka nafsu mutmainnah inilah yang mendapat kemenangan. Maka Allah kasih bulan Puasa sebagai  ajang kita mendidik hawa nafsu


Selanjutnya ada Nafsu Radhiah, mardhiah dan kamilah nafsunya nabi kita Muhammad. Ini semata - mata Fardhu Rahman yaitu kasih sayang Allah. 


"Imam Ghazali mengambarkan nafsu itu ibarat keledai. keledai ketika jalan tanpa beban maka ia berjalan tidak terarah. maka keledai jika kasih beban maka ia berjalan terarah," kata Tgk Bardi.


Imam Ghazali mengatakan dalam kitabnya Selalu bebani hidup kita dengan 4 perkara yaitu : ingat mati,  ingat akhirat, zikrullah dan menahan haus dan lapar.


Sementara Itu, Saiful Bahri Salah satu jamaah Shalat Idul fitri mengataka sangat senang dan bahagia sudah bisa kembali melaksanakan shalat ied ditempat terbuka. semoga seperti ini terus dilaksanakan ke depan. 


" Alhamdulillah cuaca hari ini sangat bagus dan sangat mendukung suasana shalat idul fitri," ujar Saiful Bahri.


Post a Comment

Previous Post Next Post