19 Calon Jamaah Haji Sabang Mulai Ikuti Bimtek Manasik Haji

Kantor Kementerian Agama Sabang menggelar Bimbingan Manasik Haji, di Aula Man Sabang, Jum'at (27/05/2022). Foto: Kemenag Sabang. 


Laporan Arwella Zulhijjah Sari | Kota Sabang


SABANGINFO, Sabang - Sebanyak 19 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Sabang mulai mengikuti Bimbingan Manasik Haji, yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Sabang. Kegiatan yang berlangsung di Aula Man Sabang akan dilaksanakan selama empat hari, mulai dari Jumat (27/05/2022).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Drs. H. Mukhlis M. Pd mengatakan manasik merupakan kewajiban Kantor Kementerian Agama dalam penyelenggaraan haji dan menjadi hak para calon jemaah haji. 


"Manasik merupakan kewajiban dari kami, dan hak CJH. Karena jumlah CJH Kita hanya sedikit jadi Kita gabungkan dua Kecamatan, dan ini diperkenankan oleh aturan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertebal pemahaman para CJH terkait tahapan ibadah sebelum dan selama di tanah suci," kata Mukhlis.


Dia berharap, para jemaah dapat mengikuti seluruh tahapan haji melalui bimbingan manasik haji ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga seluruh tahapan dan pelaksanaan haji baik selama di tanah air maupun setelah sampai di tanah suci nantinya dapat berjalan dengan lancar.


"Alhamdulillah, calon jemaah haji Sabang akan berangkat pada kloter pertama. Semoga dengan bimbingan manasik ini dapat menjadikan calon jemaah haji menjadi haji mandiri saat berada di tanah suci nanti," tambah Mukhlis.


Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bidang Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat, dan Sumber Daya Manusia Drs. M. Yusra S.P. M. Si. berpesan agar para CJH dapat mengikuti Bimbingan Manasik haji ini dengan sungguh-sungguh hingga akhir kegiatan. Dia juga berharap ada penambahan kuota bagi Aceh dalam pemberangkatan Jemaah Haji selanjutnya.


"Yang terpenting adalah menjaga kesehatan. Kali ini Kita hanya 19 CJH, ke depan semoga jumlah ini akan bertambah.  Mudah-mudahan bisa dua kali lipat, Sehingga antrian pemberangkatan untuk tahun-tahun mendatang nanti bisa lebih berkurang," harap Yusra.


Kegiatan ini dipandu oleh Kabag TU Kemenag Sabang H. Murdani, dan di bantu oleh sejumlah pembimbing haji lainnya. Setelah Bimbingan Manasik Haji ini para CJH juga akan melaksanakan pemeriksaan PCR, 72 jam sebelum keberangkatan menuju Jeddah Arab Saudi.


Mengenai pemeriksaan PCR ini, Kemenag Kota Sabang akan mengkomunikasikan kembali dengan Pemerintah Kota Sabang, dalam hal ini Dinas Kesehatan, dan Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang. Selanjutnya, CJH Sabang akan berangkat menuju Banda Aceh pada 14 Juni mendatang dan dijadwalkan terbang menuju Jeddah pada 15 Juni 2022. ujar Murdani.


Post a Comment

Previous Post Next Post