Abi Mudi Ceramah Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Babussalam

 


Laporan Saiful Maulana | Kota Sabang


SABANGINFO, Sabang - Abi Mudi isi Ceramah dalam memperingati  Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1443 H  di Masjid Agung Babussalam Kota Sabang. Pada Senin (18/04/2022) Malam.


Ceramah Islami dalam rangka memperingati  Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1443 H diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang.


Abi Zahrul Mubarrak, M.Pd atau yang terkenal dengan Abi Mudi dalam ceramahnya mengatakan bulan Ramadhan dikenal dengan bulan Al-Qur'an, sebagaimana firman allah dalam surat Al - Baqarah ayat 185, lazimnya kita hanya memahami ayat 183 yang membahas kewajiban puasa Ramadhan, padahal pada ayat yang ketiga setelahnya membahas tentang keutamaan AlQuran yang diturunkan di bulan Ramadhan.  Ia mengajak semua jamaah memaksimalkn mendalami Al-Qur'an sebagai petunjuk untuk kita.


Selanjutnya Abi Zahrul menambahkan, dalam Al-Qur'an ayat pertama dan kedua Al- Baqarah menegaskan bahwa tidak ada keraguan di dalam Al-Quran, sehingga hal ini tidak hanya diyakini bahwa kitab ini tidak ada cacatnya juga diyakini oleh nonmuslim, banyak nonmuslim yang ikut mendalami Al-Qur'an karena tau tidak ada kesalahan dan keraguan di dalamnya. 


" Al-Qur'an turun di malam Lailatul Qadri,  Bulan Ramadhan bulan turunnya kitab samawi. Pada 17 Ramadhan diturunkan Al -  Qur'an kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW. dalam 3 (tiga) Fase di antaranya  1. Lawhul mahfuzh,  2. Secara utuh dari lawmahfud ke baitul izzah (langit dunia)  dan 3. Jibril menurunkan secara berangsur-angsur kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Peristiwa turun Al-Qur'an  Pada Nabi Muhammad Umur 40 tahun.'' Kata Abi Zahrul.


Abi Zahrul mengajak seluruh umat Islam di Sabang, manfaatkan bulan suci Ramadhan ini dengan perbanyak melakukan Ibadah, Sedeqah, Membaca AL -Qur'an dan  melakukan amal  kebaikan.  


"Mari kita jadikan Al- Quran pedoman  hidup untuk jalan kita untuk mendekat diri kepada Allah,"  jelasnya.


Post a Comment

Previous Post Next Post