Indahnya Destinasi Wisata Pulau Dua Aceh Selatan

 




Oleh Dahniar, S.Pd.,M.Pd | Penulis adalah Guru SMP Rahmatul 'ibad Trumon Tengah


Pulau dua terletak tak jauh dari Ibu kota Aceh Selatan yaitu hanya 2 jam perjalanan dari Tapaktuan, tepatnya berada di kecamatan Bakongan timur. Letaknya juga sangat strategis dan nampak indah diandang oleh pengendara yang melintasi jalan nasional Tapaktuan - medan yang letaknya berpasangan dengan pulau satu.


Konon menurut cerita lagenda yang dipercayai oleh masyarakat setempat pulau ini terbagi menjadi dua bagian yg dulunya satu, yang dibelah oleh seekor naga yang melintasi pulau tersebut.


Diawal tahun 2022 ini, pulau dua merupakan  tujuan wisata yang sangat diminati dan disukai oleh wisatawan di provinsi aceh. Orang yang mengunjungi pulau ini ratusan orang setiap harinya, puncak keramaiannya di hari sabtu dan minggu dikarenakan hari libur kerja.


Pelancong yang berkunjung ke pulau dua ini kebenyakan berasal dari daerah kota Subulussalam serta masyarakan pesisir pantas barat selatan aceh, bahkan ada yang berasal dari negeri jiran Malaysia yg turut singgah dan menginap di pulau ini.


Untuk menyeberang ke Pulau Dua, menyediakan jasa  penyeberangan dengan menggunakan Boat. bagi wisatawan yang ingin berkunjung dipatok dengan tarif Rp.50.000 per orang pulang pergi. sangat membantu perekonomian Masyarakat setempat.





Keindahan dan pesona yang dipancarkan oleh pulau ini masih saangat alami dengan dihiasi oleh banyaknya terumbu karang dan ikan yg nampak di permukaan dengan air lautnya yg jernih dan bersih serta pasir dan pantainya yg bersih terjaga membuat mata pengunjung terkagum-kagum melihat isi pulau ini.


Dengan adanya perhatian dari Dinas pariwisata aceh selatan membuat pulau ini semakin indah dan menakjubkan dengan dibuatnya dermaga apung tempat berlabuhnya perahu pengunjung dan adanya jembatan-jembatan kayu an pondok penginapan yang dibangun dengan indah dan menarik, serta fasilatas pondok kecil, mushalla, air bersih, serta aneka macam kuliner yang disediakan di pulau ini, mendorong adanya pengunjung yang memilih untuk kemping dan menginap dalam 2 hingga 3 hari, dan di isi oleh berbagai kegiatan kegiatan meperti bakar-bakar ikan atau ayam dan memancing ikan bersama keluaraga atau bersama sahabat.


Dengan adanya destinasi wisata pulau dua ini juga turut mendongkrak perekonomian masyarakan setempat, melalui banyaknya minat dan antusias dari pendudik setempat untuk menyediakan jasa penyebrangan berupa  perahu dan speedboat, untuk berpergian ke pulau dua tersebut. Serta ada juga penduduk setempat yg memilih untuk berjualan kuliner dan berbagai makanan khas aceh lain nya sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang saat berwisata ke pulau dua.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post