Uang Bukanlah Segalanya



SABANGINFO - Uang adalah sebuah benda yang menjadi alat tukar seluruh manusia di dunia ini dengan sesuatu yang mereka butuhkan pada saat ini. Sebelum manusia di dunia ini mengetahui apa itu uang, manusia melakukan barter atau pertukaran barang ataupun jasa untuk barang dan jasa yang dibutuhkan. 


Namun tak mudah untuk meraih kesepakatan mengenai nilai pertukarannya. Timbullah kebutuhan akan adanya suatu alat penukar. Awalnya uang berfungsi sebagai alat penukar atau pembayaran. Seiring perkembangan peradaban manusia, uang juga berfungsi sebagai alat penyimpan nilai, satuan hitung, dan ukuran pembayaran yang tertunda.


Di jaman modern ini, manusia sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Bahkan hanya dengan menggunakan sebuah smartphone kini siapapun bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah. Tanpa kita sadari, uang memiliki suatu nilai tertinggi. Contohnya adalah uang Rp100 ribu, uang tersebut adalah nilai tertinggi dalam rupiah.


Dengan uang, kita bisa mendapatkan apapun yang diinginkan, bahkan uang juga bisa memberikan kebahagiaan kepada kita. Secara tidak langsung, kita sendiri lupa bahwa ada beberapa hal di dunia ini yang tidak bisa kita dapatkan. 


Keluarga misalnya, kita semua di dunia ini pasti setuju bahwa keluarga adalah sumber kebahagiaan dan menjadi harta paling berharga untuk kita. Kita tidak bisa membeli keluarga bahkan tidak bisa mengisi kekosongan dalam keluarga dengan apapun itu.


Uang memang bisa memberikan kita relasi atau teman yang banyak, tapi satu hal yang harus diketahui bahwa apakah mereka ada di saat kita lagi berada diposisi terburuk. Teman sejati tidak bisa diukur dengan uang. Akhirnya, uang sering datang dan pergi dalam hidup, jangan pernah kita dibutakan oleh uang dan lupa akan hal-hal terbaik di sekitar kita. [Muhammad Adam Jumadir]

Post a Comment

Previous Post Next Post