Panen Cengkeh Sabang

 




Laporan Ikhsanul Arusni Mulia | Kota Sabang


SABANGINFO, Sabang- Dalam Beberapa Minggu ini, Masyarakat Sabang disibukan dengan memanen Cengkeh di kebun masing - masing. Bagi yang tidak ada kebun ikut memetik Cengkeh di kebun orang lain dengan di upah sebahagian dari hasil memetik cengkeh.


Ali Hanafiah salah Satu Petani Cengkeh di Batee Shoek Mengatakan Hasil Cengkeh tahun ini. Alhamdulillah, Syukur kepada Allah  lebih banyak tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini sangat menguntungkan bagi Petani Cengkeh dalam memperoleh rezeki. Apalagi harga cengkeh hari demi hari tetus melonjak..sebelum Panen Raya, harga Cengkeh di sabang masih kisaran Rp.70.000 per Kg. Alhamdulillah untuk dalam Minggu ini harga cengkeh kisaran Rp.95.000 sampai Rp. 105.000. Ujar Putra Asli Meukek Yang sudah menetap di Sabang sejak Tahun 1970.







Ditambahkan lagi. Harga Normal cengkeh sudah Rp. 100.000. Namun jika cengkehnya banyak maka harga bisa dibeli di atas Rp.100.000.tutupnya.











Selanjutnya. Irwandi selaku Pengusaha muda  Aceh mengatakan Cengkeh Sabang jauh berbeda dengan cengkeh daerah lain. Baik dari batangnya, bentuk Bunganya serta aromanya.serta lebih tahan lama untuk disimpan. Maka harga jual beli cengkeh di Sabang menjadi menarik, harga per harinya terus naik. ini sangat menguntungkan bagi Petani, menginggat Cengkeh setahun, cuma sekali Panennya. semoga petani Cengkeh  terus bersemangat  untuk menanam cengkeh untuk masa depan kelak.[]

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post