Meski Terbilang Baru, Cabang Olahraga Esport Sudah Harumkan Nama Indonesia

Logo PBESI. Foto: Net


Laporan M. Mufti Mustaqlil Yusmar | Banda Aceh

  

SABANGINFO - Mungkin untuk sebagian orang Elektronik Sport (Esport) ini agak tabu atau asing, akan tetapi bagi kalangan anak-anak muda hal ini tidak asing lagi, dikarenakan anak-anak muda zaman sekarang mengetahui Esport itu main gim dan menghasilkan uang. Nah, ini adalah Esport dalam perspektif umum. Sedangkan menurut istilah Esport adalah jenis olahraga elektronik yang ada pada perangkat Portable Computer (PC) dan Mobile.


Mendengar kata olahraga pada pengertian eSport mungkin tidak sinkron dengan kegiatan olahraga seperti lari, sepak bola, bulu tangkis ataupun basket. Akan tetapi walau tidak ada unsur olahraga yang telah saya sebut di atas, eSport ini tetap diakui sebagai olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan dan strategi. Dalam bertanding juga kondisi tubuh harus fit dan bugar.


Di Indonesia eSport bahkan sudah ada federasinya dan sudah resmi menjadi cabang olahraga prestasi setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat yang berlangsung virtual pada tanggal 25-27 Agustus 2020. Cabang gim yang populer di Indonesia adalah dari platform Mobile seperti Mobile legend, Free Fire, dan PUBG Mobile.


Walaupun cabang eSport ini dikategorikan baru, beberapa tim asal Indonesia sudah memenangkan kejuaraan dunia, antara lain EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, BIGETRON Esports pada Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019, dan Team RRQ pada Point Blank International Championship 2017.

Post a Comment

Previous Post Next Post