Ketumbar, Rempah-rempah Populer Punya Segudang Manfaat



SABANGINFO - Ketumbar merupakan tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. 


Ketumbar mempunyai aroma yang khas. Aroma ini disebabkan oleh komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar. Komponen utama minyak atsiri ketumbar adalah linalool, dengan komponen pendukung lainnya seperti geraniol, geranil asetat dan camphor.


Manfaat ketumbar umumnya diketahui sebagai bumbu dapur. Faktanya, selain sebagai bumbu dapur, ketumbar juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tapi hati-hati, karena pada sebagian orang ketumbar dapat memberikan efek samping bagi kesehatan.


Ketumbar dihasilkan dari biji tanaman ketumbar yang sudah dikeringkan. Selain digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakan, ketumbar juga kerap dipakai untuk mengatasi keluhan akibat gangguan pencernaan, seperti mual dan diare. Ketumbar pun bisa diolah menjadi jamu, teh herbal, atau air ketumbar.


Berikut adalah beberapa manfaat ketumbar bagi kesehatan:


Mengatasi Gangguan Pencernaan


Salah satu manfaat ketumbar yang paling terkenal adalah mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual, perut kembung dan sembelit. 


Mencegah Infeksi Jamur


Tidak hanya mengandung anti oksidan, ketumbar juga diketahui memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Dua sifat inilah yang memungkinkan ketumbar bisa digunakan untuk membantu mencegah infeksi, baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. 


Mencegah Peradangan


Sebuah penelitian mengungkap anti oksidan yang terkandung di dalam biji ketumbar mampu mencegah peradangan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, anti oksidan dalam ketumbar dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. 


Mencegah Diabetes


Manfaat ketumbar selanjutnya adalah mampu menjaga kadar gula darah. Hal ini karena biji ketumbar dapat merangsang produksi insulin di dalam tubuh, sehingga mencegah penumpukan gula dalam darah. 


Efek Samping Ketumbar yang Perlu Diwaspadai


Beberapa efek samping mungkin akan ditimbulkan dari penggunaan ketumbar, mulai dari reaksi alergi, dehidrasi, penurunan kadar gula darah secara drastis, hingga mengalami peningkatan sensitivitas kulit terhadap cahaya. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat herbal satu ini.


Selain itu, tidak semua orang dapat mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal, termasuk ibu hamil dan menyusui. Demikian juga orang yang memiliki alergi ketumbar, menderita tekanan darah rendah dan diabetes, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi ketumbar. [Muhammad Rijalul Ikram]

Post a Comment

Previous Post Next Post