Empat Perwakilan Racana UINAR Banda Aceh Lulus Seleksi Aceh Scout Diving di Sabang

 



Laporan Savira Maulidya | Sabang


SABANGINFO, Sabang - Empat peserta perwakilan dari Racana Iskandar Muda - Putroe Phang Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh lulus seleksi Aceh Scout Diver dalam kegiatan Aceh Rover Week III 2021 di Sabang. Acara ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh di Pantai Gapang, Kota Sabang pada tanggal 13-17 Desember 2021 yang lalu. 


Adapun peserta yang menjadi utusan dari pangkalan Racana UINAR Banda Aceh berjumlah empat orang, diantaranya yaitu Firmansyah, Fakhrurazi, Inara Subhati, dan Savira Maulidya. Keempat peserta tersebut semuanya mengikuti seleksi diving dan dikabarkan lolos semua. 


ketua Dewan Racana UINAR Banda Aceh, Aulia Jannah mengaku senang dan bersyukur karena keempat utusan dari Racana UINAR bisa lulus seleksi scout diver di Sabang. Menurutnya, cabang scout diver sendiri merupakan cabang paling bergengsi dalam kegiatan tersebut. 


“Saya sangat bangga karena keempat utusan Racana UIN Ar Raniry semuanya berhasil lolos. Selamat kepada kalian,” ujar Aulia Jannah atau yang akrab disapa AJ kepada reporter.


AJ juga berharap, agar momentum lolosnya keempat utusan Racana UINAR ini dapat membawa berkah dan perubahan perbaikan untuk Gerakan Pramuka di Aceh.


Adapun jumlah peserta yang lulus dalam kegiatan Aceh Scout Diver ini berjumlah 43 orang dari seluruh pangkalan dan gugus depan yang ada di Aceh. 


Sementara itu, peserta yang tidak lulus seleksi juga mengikuti kegiatan water sport lainya. Seperti snorkling, dan canoeing.


Pasca lolos seleksi, para peserta akan mengikuti pelatihan khusus mengenai diving dan dilatih langsung oleh profesional ahli yang terjun langsung ke lapangan untuk percobaan menyelam dalam kedalaman 10 meter di dalam laut. 


Tentunya, pelatihan ini didampingi dan diawasi juga keamanannya oleh para mentor. Setelah Diklat dan pelatihan khusus, kabarnya peserta lulus ini mereka diberikan Tanda Keahlian Khusus (TKK) atau Brevert Scuba yang disahkan langsung oleh TNI AL Sabang.


Ketua Panitia Acara kegiatan ARW KE-3 Tahun 2021, Awaluddin SE mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), SMA dan MA di Aceh. 


Awaluddin melanjutkan, mereka yang lulus seleksi Scout Diver bisa menjadi relawan pramuka yang akan berkontribusi langsung pada kegiatan sosial maupun bencana alam di Aceh, khususnya dalam bidang menyelam.


“Semoga para peserta bisa mengembangkan life skill (kecakapan hidup) yang ada dalam diri mereka,” harap Awaluddin.


Awaluddin mengabarkan, dari 43 peserta lulus seleksi pada kegiatan ini akan diseleksi lagi menjadi 10 terbaik. Peserta terbaik diharapkan dapat berkontribusi aktif pada Gerakan Pramuka Aceh, khususnya di bidang diving. 

Post a Comment

Previous Post Next Post