Refleksi 17 Tahun Tsunami Aceh, Komunitas Film Trieng Gandeng HMP KPI Sukseskan December to Remember

Foto: Ist

Laporan Belli Bel Fatjeri | Banda Aceh


SABANGINFO, Banda Aceh - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) serta Komunitas Film Trieng kembali gelar acara ‘December to Remember’ di Aula Museum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh, Selasa (28/12/2021). 


Pagelaran ini merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Komunitas Film Trieng sejak tahun 2018. Meski sempat vakum di tahun 2020 karena pandemi, acara ini kembali dilaksanakan di tahun 2021 untuk mengenang dan merefleksikan 17 tahun pasca tsunami Aceh.


Acara December to Remember dengan tema ‘Takeunang yang Kagadeuh, Tapugoe yang Tinggai’ itu diwarnai dengan sejumlah pertunjukan. Diantaranya ialah video renungan, musikalisasi puisi, penampilan teatrikal dari Teater Rongsokan UINAR Banda Aceh, spesial performance dari penyanyi masyhur Aceh Maimunzir, kuis, dan acara pokok yakni pemutaran tiga film Komunitas Film Trieng.


Ketua panitia acara, Akbarul Mukminin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran penyelenggara. Ia mengaku, acara tersebut tidak akan berjalan lancar tanpa kerja keras dari semua pihak panitia yang terlibat.


“Terhitung sudah satu bulan acara ini dipersiapkan, saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan yang terlibat dalam menyukseskan acara ini,” ujar Akbarul Mukminin kepada reporter.


Di sisi lain, Ketua Prodi KPI, Azman dalam sambutannya mengatakan, acara December to Remember merupakan pengingat masyarakat akan bencana alam yang menimpa Aceh 17 tahun silam.


Ia juga berpesan agar bencana alam yang menimpa Aceh tersebut dapat dijadikan pembelajaran dan momentum untuk bangkit  demi memajukan generasi muda Aceh ke depan. Akan tetapi, lanjut dia, untuk memajukan negeri harus dipersiapkan sedini mungkin.


“Kejadian gempa dan tsunami Aceh 17 tahun silam harus terus-menerus kita ratapi. Jadikan pembelajaran demi kemajuan Aceh. Ingat, kemajuan Aceh tidak akan terwujud jika generasi muda tidak mempersiapkan diri dengan kecanggihan zaman,” ungkapnya.


Sementara itu, acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan bagian Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Dalam sambutannya, ia berharap agar generasi muda bisa selalu berpikir positif dan kreatif.


“Mari tanamkan dalam benak hati untuk selalu maju, berani mencoba dan jangan takut gagal. Sekarang, lamaran pekerjaan yang dicari tidak hanya sekedar ijazah, namun kemampuan diri menjadi tolak ukur yang dinilai,” tuturnya.


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada Prodi KPI dan komunitas film Trieng yang diberikan oleh salah satu anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Aceh Muhammad Nasir Jamil yang turut berhadir dalam memeriahkan kegiatan ini. 


"Acara December To Remember adalah cara mahasiswa untuk menolak lupa akan kejadian tsunami yang melanda Aceh," pungkas Nasir Djamil.

Post a Comment

Previous Post Next Post